Pengertian Poster Lengkap, Tujuan, Manfaat, Ciri, Syarat, Jenis, Cara Membuat

ads
ads
Pengertian Poster Lengkap, Tujuan, Manfaat, Ciri, Syarat, Jenis, Cara Membuat - Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan pembawaan mencari perhatian mata sekuat mungkin. Untuk itu, umumnya poster dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Materi Poster: Pengertian Beserta Tujuan, Manfaat, Ciri, Syarat, Jenis dan Cara Membuat Poster Terlengkap

Poster bisa dijadikan sebagai sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu, bisa juga bersifat salinan karya seni terkenal.

Pengertian poster adalah suatu desain grafis yang di dalamnya terkandung gambar dan kalimat pada kertas berukuran besar, berisi tentang informasi dan di tempel di area lazim agar bisa dicermati atau dibaca banyak orang.

Tujuan dan fungsi Poster

Adapun obyek poster diantaranya yakni untuk memberi tambahan informasi, mengajak dan menghimbau banyak orang untuk lakukan suatu hal layaknya apa yang di gambarkan atau di tuliskan pada poster tersebut.

Sedangkan fungsi poster yakni untuk memberi tambahan pemahaman tentang suatu informasi kepada banyak orang atau para pembaca tentang apa yang ingin di sampaikan oleh pembuat poster memanfaatkan gambar dan kalimat yang singkat, simpel dan jelas.

Ciri-Ciri Poster

Adapun beberapa ciri poster yaitu:
Merupakan karya seni yang memadukan pada unsur gambar dan kalimat yang dibuat pada kertas berukuran besar agar lebih gampang di baca orang banyak.
Menggunakan unsur warna yang mencolok agar menarik perhatian.
Berisi kalimat yang memadai singkat, sadar dan gampang dipahami pembaca.
Biasanya senantiasa punya kandungan unsur gambar yang menarik, agar banyak orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang tersedia di dalamnya.
Biasanya di pakai di area yang strategis, seperti9 area lazim agar bisa diketahui banyak orang.

Syarat-Syarat Poster

Adapun syarat-syarat poster diantaranya yaitu:
Bahasa atau kalimat yang digunakan perlu gampang dipahami banyak orang.
Kalimat yang digunakan perlu singkat, sadar dan padat.
Mengkombinasikan pada gambar yang menarik dengan tulisan.
Dibuat semenarik mungkin, agar menarik perhatian banyak orang.
Harus ditempel atau dipajang di tempat-tempat umum.
Bahan yang digunakan untuk menyebabkan poster perlu yang memiliki mutu yang baik, agar tidak cepat rusak.

Jenis-Jenis Poster

Jenis Poster Berdasarkan Isinya
Berdasarkan isinya tersedia beberapa tipe poster, diantaranya yaitu:

Poster Layanan Masyarakat
Yaitu tipe poster yang berisikan informasi tentang layanan kepada masyarakat, layaknya poster sarana kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

Poster Niaga
Yaitu tipe poster yang berisikan tentang menjajakan dan mempromosikan suatu produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

Poster Kegiatan
Yaitu tipe poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang bakal dilaksanakan, agar kegiatan selanjutnya diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang selanjutnya bisa menghadiri kegiatan yang bakal di laksanakan.

Poster Karya Seni
Yaitu tipe poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan serupa pada orang satu dengan orang lainnya.

Poster Pendidikan
Yaitu tipe poster yang berisikan tentang informasi yang bisa memberi tambahan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan dari tujuannya poster dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai selanjutnya ini:

Poster Propaganda
Yaitu tipe poster yang memiliki tujuan untuk memberi tambahan semangat atau semangat kepada masyarakat umum. Biasanya agar senantiasa bersemangat dalam menekuni hidup dan lainnya, bisa dikatakan poster ini merupakan poster untuk mempengaruhi orang lain.

Poster Kampanye
Yaitu tipe poster yang umumnya sering nampak sementara masa pilkada atau pemilu, tujuannya yakni untuk memperoleh simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilihnya sementara pemilu tiba.

Poster Afirmasi
Yaitu tipe poster yang memiliki tujuan untuk memberi tambahan semangat kepada para pembaca dengan kalimat yang bisa mempengaruhi.

Poster “Dicari”
Yaitu tipe poster yang memiliki tujuan untuk mencari orang maupun benda yang di perlukan. Contoh poster ini yakni poster perusahaan yang mencari pekerja, poster orang hilang dan lain sebagainya.

Poster Film
Yaitu tipe poster yang memiliki tujuan untuk mempromosikan film terakhir yang bakal di tayangkan agar masyarakat tertarik untuk menontonnya.

Poster Komik
Yaitu tipe poster yang memiliki tujuan untuk mempopulerkan komik kepada masyarakat lazim atau banyak orang.

Poster “Cheesecake”
Yaitu tipe poster yang memiliki tujuan untuk mencari perhatian masyarakat lazim atau orang banyak. Biasanya poster ini berisi gambar orang terkenal layaknya selebriti, penyanyi dan lain sebagainya yang bisa menarik perhatian banyak orang.

Poster Riset
Yaitu tipe poster yang memiliki tujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian (riset) kepada orang banyak, umumnya poster tipe ini sering ditemui di sekolah.

Poster Komersial atau Poster Niaga
Yaitu tipe poster yang memiliki tujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan.

Poster Kelas
Yaitu tipe poster yang secara lazim memiliki tujuan untuk memberi tambahan pengetahuan dan semangat kepada siswa.

Cara Membuat Poster

Adapun langkah-langkah menyebabkan poster, diantaranya yaitu:
Tentukan topik dan obyek poster
Buatlah kalimat yang singkat, sadar dan gampang dimengerti
Gunakan gambar yang menarik agar orang tertarik
Gunakan media yang tepat.
ads
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+